Manusia membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan rasanya. Seni Budaya merupakan suatu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide atau gagasan estetika dalam bentuk karya yang dapat mengungkapkan perasaan manusia.

Dalam pelajaran Seni Budaya siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan gagasan berkreasi serta mengapresiasikan seni dengan cara mengilustrasikan pengalaman pribadi,

menggali/mengeksplorasi rasa, dan melakukan pengamatan proses, dan teknik sesuai dengan nilai budaya dan keindahan yang ada di lingkungan masyarakat.

Mengapa kita harus belajar Seni Budaya?


Melalui Seni Budaya, siswa diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan indrawi, serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai bekal siswa pada saat berperan langsung sebagai pelaku kehidupan bermasyarakat.


Apa manfaatnya jika kita menguasai Seni Budaya?

Sebenarnya manfaat mempelajari Seni Budaya tidak hanya menjadikan hidup lebih indah, tetapi banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Dengan menguasai Seni Budaya yang terpenting setiap orang dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi, kepekaan rasa, dan keterampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya.

Seni yang terdiri dari beberapa jenis mempunyai manfaat tersendiri untuk masing-masing jenisnya. Manfaat seni dapat dirasakan tidak hanya dari sisi individu melainkan juga dari sisi sosial. Terlepas dari jenis-jenis seni, berikut ini manfaat belajar seni secara umum:

1. Manfaat Individu

Kebutuhan Emosional
Manfaat belajar seni yang pertama untuk individu atau perorangan adalah memenuhi kebutuhan emosional. Mempelajari seni dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya dan juga penikmatnya. Menjadi lebih apresiasif dan melatih diri untuk merasakan emosional merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari belejar seni. Sebagai contohnya seseorang yang sedang sedih dapat menghibur dirinya dengan melihat keindahan lukisan.

Berbagai cara lain dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan emosional ini. Emosi tidak hanya terbatas pada kegembiraan saja tapi meliputi emosi lainnya seperti kesedihan, kegelisahan, kemarahan, ketakutan, dan lain-lain. Selain untuk mendapatkan emosi, mempelajari seni juga dapat memberikan kekuatan untuk mengekspresikan emosi tersebut. Mencapai kepuasan tersendiri bisa didapatkan dengan mengekspresikan emosi yang dirasakan menjadi sebuah seni seperti lukisan, musik, seni rupa, dan lain-lain.

Kebutuhan Fisik
Manfaat belajar seni untuk individu selain dapat memenuhi kebutuhan emosional, juga dapat memenuhi kebutuhan fisik. Kedua hal tersebut saling berhubungan antara emosional dan fisik, hasil yang diberikan emosi dapat mempengaruhi fisik seseorang. Menurut sejarah, musik dipercaya sebagai salah satu metode penyembuhan dari sejak dahulu kala. Musik terbukti dapat mempengaruhi saraf sensorik dan motorik yang dimiliki manusia.

Contoh manfaat lain dari kebutuhan fisik adalah sebagai alat-alat yang digunakan setiap hari. Mempelajari seni rupa dapat membuat seseorang berkarya untuk menghasil kan alat-alat yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari. Beberapa contoh adalah sebagai desain busana dan aksesoris yang memberikan kenyamanan dan nilai guna tersendiri. Manfaat belajar seni untuk kebutuhan fisik juga bisa didapatkan dalam seni tari. Tarian yang dibuat dengan berbagai gerakan membuat tubuh menjadi lebih aktif dan sehat.

Tinggalkan Balasan