Hallo.. Sahabat Ucke Blog.. Bagaimana kabar sahabat, keluarga dan pasangan terkasih semua, semoga sehat ya..
Wah… hari ini adalah hari pertama diliburkan dari beberapa hari yang lalu mendapat Intruksi dari Gubernur Jawa Barat bahwa Instansi Non Kesehatan, Pendidikan serta para pegawai ASN harus libur selama 14 hari.. Wow!! Itu terkait dengan bagaimana upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran dari COVID – 19 atau lebih dikenal virus corona.
Tapi apa yang terjadi? Bukannya istirahat dirumah malah piknik. Kita harus benar-benar faham dari intruksi yang di berikan pemerintah.
Karena Virus Corona ini penyebaran bukan main-main di dunia termasuk Indonesia, jadi tidak salah kalau pemerintah mengambil sikap demikian.
Ini ada beberapa data dari laman https://experience.arcgis.com/experience/685d0ace521648f8a5beeeee1b9125cd

Penyebaran Virus Corona di Dunia
China urutan pertama disusul negara Italy
Data di Indonesia

Nah, dengan itu kita harus mengetahui lebih detail nih. Apa itu virus corona. Yuk simak yang saya kutip dari laman who.int
Kita lihat video dulu ya sahabat Ucke Blog.



Jadi, Coronaviruses (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).

Penyakit Coronavirus (COVID-19) adalah jenis baru yang ditemukan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi pada manusia.

Virus corona adalah zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia, Investigasi terperinci menemukan bahwa SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak ke manusia dan MERS-CoV dari unta dromedaris ke manusia. 
Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. 

Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. 
Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. 

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi termasuk mencuci tangan secara teratur, menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur dengan saksama. 
Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin

Langkah-langkah perlindungan dasar terhadap coronavirus baru

Tetap mengetahui informasi terbaru tentang wabah COVID-19, tersedia di situs web WHO dan melalui otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda. 
COVID-19 masih mempengaruhi sebagian besar orang di Cina dengan beberapa wabah di negara lain. 
Kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami penyakit ringan dan sembuh, tetapi bisa lebih parah bagi orang lain. 
Jaga kesehatan Anda dan lindungi orang lain dengan melakukan hal berikut:

Cuci tangan Anda sesering mungkin

Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan gosok berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air.

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan gosok tangan berbasis alkohol membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

Pertahankan jarak sosial

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Mengapa? Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. 
Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Mengapa? Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus.  Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. 
Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

Lakukan kebersihan pernafasan

Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, mengikuti kebersihan pernapasan yang baik.  Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin.  Kemudian segera buang tisu bekas.

Mengapa? Tetesan menyebarkan virus.  Dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu, flu dan COVID-19.

Ada cara perlindungan yang lebih nyentrik dan unik yang dibuat oleh salah satu klinik kesehatan, keren tapi mendidik.



Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat.  Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. 
Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.  Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat.  Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Tetap terinformasi dan ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda

Tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru tentang COVID-19.  Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda atau majikan Anda tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Mengapa? Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 menyebar di daerah Anda.  Mereka ditempatkan paling baik untuk memberi nasihat tentang apa yang harus dilakukan orang di daerah Anda untuk melindungi diri mereka sendiri.

 

Langkah-langkah perlindungan untuk orang-orang yang berada dalam atau baru-baru ini mengunjungi (14 hari terakhir) area di mana COVID-19 menyebar

Ikuti panduan yang diuraikan di atas.

Tetap di rumah jika Anda mulai merasa tidak sehat, bahkan dengan gejala ringan seperti sakit kepala dan hidung meler, sampai Anda pulih.  Mengapa? Menghindari kontak dengan orang lain dan mengunjungi fasilitas medis akan memungkinkan fasilitas ini beroperasi lebih efektif dan membantu melindungi Anda dan orang lain dari kemungkinan COVID-19 dan virus lainnya.

Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera dapatkan saran medis karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius lainnya.  Hubungi sebelumnya dan beri tahu penyedia Anda tentang perjalanan atau kontak terbaru dengan pelancong.  Mengapa?  Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat.  Ini juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 dan virus lainnya.

Nah itu dia… jadi bukan sekonyong-konyong intruksi koyol tapi itu dari sebuah penelitian dan pengalaman para medis
bagaimana dalam mencari cara agar penyebaran Virus Corona ini bisa diputus dengan tidak berinteraksi dengan orang lain yang kita tidak tahu orang lain itu sehat atau sedang terserang Virus Corona.

Jadi sayangi diri kita dan keluarga ya sahabat Ucke Blog.
14 hari itu lama, tapi lebih lama lagi kalau kita sakit, keluarga sakit dan kita menderita itu lebih lama.
Mencegah lebih baik dari pada mengobati!!


1 KOMENTAR

  1. Demikian cepat sebaran virus corona ini di negara kita. Melalui angka pertambahan korban per hari dengan cepat menanjak dengan significant. Sangat-sangat mengkhawatirkan, Kang.

    Semoga wabah virus corona ini cepat berlalu, dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala.

    Salam bumiblogger

Tinggalkan Balasan