Assalamualaikum… Hallo sahabat Ucke Blog? Bagaimana kabarnya.. Alhamdulillah akhirnya masa pandemi yang betul-betul membuat seluruh negeri ini panik, sekarang berangsur akan kembali normal, oleh karena itu pemerintah rencanakan program New Normal.. tapi kali ini saya bukan menjelaskan tentang new normal.

Iya, sudah waktunya yang sudah lulus dari SMP/ Mts dan sederajat harus memilih sekolah ke jenjang selanjutnya yaitu Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Wah itu istilah jadul banget sahabat Ucke Blog, sekarang istilahnya SMA, SMK dan MA.

SMA : Sekolah Menengah Atas

SMK : Sekolah Menengah Kejuruan

MA : Madrasah Aliyah

Nah, saya akan berbagi wawasan sedikit tentang apa sih perbedaan SMA dan SMK. Kepanjangan masing-masing pasti sudah tahu, Tuh yang diatas!! Langsung saja apa sih perbedaannya:

1. Fokus Pendidikan

Pendidikan di SMA dan SMK sama-sama mempelajari ilmu pengetahuan sesuai kurikulum yang berlaku, tetapi di SMA mereka lebih fokus kepada hal-hal teoritis, sementara SMA mereka lebih fokus terhadap praktik, karena di SMK lebih mempersiapkan dunia kerja dan menduplikasi dari perusahaan sesuai dengan Jurusan nya.

2. Bagaimana Biaya Pendidikan?

Mengenai persoalan biaya, ini pasti benar-benar harus diperhitung oleh setiap keluarga atau orang tua.

SMA cenderung lebih murah apalagi sekolah SMA Negeri.

Biaya sekolah SMK lebih mahal, karena di SMK ada program Praktik yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dan program tersebut membutuhkan sarana dan prasarana cukup mahal.

Program besar di SMK.

A. Kunjungan Industri

B. PKL

C. UJIKOM

3. Pilihan Jurusan Banyak!

Nah, pilihan jurusan pendidikan di SMA dan di SMK sangat jelas berbeda. Apa bedanya? Di SMA, pilihan jurusan yang tersedia adalah IPA, IPS dan Bahasa. dan semestara di SMK ada lebih banyak pilihan jurusan yang bisa diambil oleh peserta didik diantara Otomotif, Multimedia, Broadcasting, Perkantoran, Marketing, Perhotelan dan masih banyak lagi.

4. Lama Pendidikan?

Lama pendidikan yang dibutuhkan pada jenjang SMA dan SMK pun juga berdeda, SMA bisa lulus dalam waktu 3 tahun, sementara SMK bervariasi tergantung dari pada jurusannya dan juga peserta didik di SMK harus bahkan wajib mengikuti program PKL (Praktik Kerja Lapangan) nah, berapa tahun? ada yang 3 tahun sampai 4 tahun.

Contoh pada jurusan Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) atau sering di sebut juga Broadcasting (Penyiaran). Pada jurusan ini ada 3 program jurusan, diantaranya:

a. Radio

b. Televisi

c. Televisi dan Film

Pada program jurusan radio dan televisi itu pendidikan selama 3 tahun dan program jurusan televisi dan film itu adalah 4 tahun.

5. Bagaimana Peluang di Masa Depan?

Apabila kita membicarakan mengenai peluang untuk masa depan, sebenarnya SMA dan SMK memiliki peluang yang sama, kedua nya bisa lanjut kuliah dan bekerja. tetapi di dunia kerja lulusan SMK lebih siap kerja karena memang ketika pada saat sekolah memiliki jurusan yang linear atau sama dan mengikuti program PKL (praktik kerja lapangan) jadi lebih siap kerja bahkan siap untuk berwirausaha.

Sahabat Ucke Blog, itulah tadi beberapa perbedaan SMA dan SMK. Sebelum sahabat masuk sekolah, alahkan baiknya sahabat memilih dan menimbang dengan matang, jangan sampai asal-asalan. SMA dan SMK memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mana program pendidikan yang kiranya paling sesuai dengan tujuan sahabat di masa depan nanti.

Cukup sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat! Salam Pendidikan.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan