Hallo sahabat Ucke Blog, pada artikel kali ini saya mau berbagi tentang audio,sebelum berlanjut cari tahu peralatan pada produksi audio saya mau bertanya, sahabat suka mendengar musik?

Musik dari barat, timur bahkan sampai indonesia diproduksi dengan mengggunakan peralatan audio, baik itu yang eksklusif atau sederhana.

sekarang ini pula banyak sekali alat yang dapat digunakan untuk merekam suara baik analog maupun digital, mulai dengan menggunakan alat perekam konvensional seperti tape recorder atau walkman, hingga menggunakan alat komunikasi yang sedang marak, yaitu telephone genggam, tentu saja telephone genggam yang dapat digunakan harus memiliki fasilitas teknologi perekam suara.

Berikut ini saya akan berbagi beberapa perlatan produksi audio yang dibutuhkan untuk produksi audio.

Komputer

Komputer merupakan alat utama untuk perekaman sebuah audio, Dalam produksi audio pastilah membutuhkan sebuah komputer. Komputer akan menerima suara atau musik yang kita rekam dan kemudian suara atau musik tersebut melewati tahap mixing dan mastering oleh software perekaman

Microphone

Microphone merupakan barisan yang terdepan dalam sebuah proses rekaman, karena alat ini merupakan tranducer yang dapat merubah gelombang suara diudara menjadi variasu tegangan yang nantinya akan dirubah menjadi data digital oleh sebuah converter.

Berdasarkan sensitivitasnya mic dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Omni Directional (Mic Intrument)

2. Bi Directional (Condensor)

3. Cardiodid (Dinamic)

Audio Interface

Audio Interface adalah beberapa alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan alat musik ke komputer. Audio Interface dapat berupa kabel konektor, soundcard, amplifier dan lainnya.

Fungsi-fungsi audio interface ini, diantaranya:

1. Synthesizer

2. Midi Interface

3. Pengonversi data analog ke digital

4. Pengorversi data digital ke analog

DAW (Digital Work Station)

DAW adalah sebuah software yang kita gunakan untuk merekam, mengedit, mixing dan mastering beberapa track yang kita rekam untuk menjadi sebuah lagu yang utuh. Contoh DAW yang bisa kita gunakan adalah Fruity Loops, Nuendo, Adobe Audition, Cakewalk, dan masih banyak yang lainnya.

Headphone

Headphone digunakan untuk mendengarkan suara yang berupa nada atau suara ketukan tempo. Headphone biasa dipakai oleh pengisi suara dan pembuat lagunya sendiri

Studio Monitor/ Speaker

Speaker digunakan setelah proses mixing and mastering untuk mendengarkan hasil akhir lagu tersebut. Ukuran speaker bisa tergantung selera, bisa speaker berukuran kecil atau speaker berukuran besar

Kabel XLR

Kabel XLR digunakan untuk menghubungkan microphone ke Audio Interface dan juga untuk studio monitor. Kabel XLR biasanya tersedia ketika kita membeli sebuah microphone namun bisa juga dengan membelinya secara terpisah.

Stand Microphone

Stand bisa membantu kita supaya tidak selalu memegang mikrofon tersebut.

Oke, Sahabat Ucke Blog, mungkin cukup sekian artikel yang saya bagikan untuk sahabat Ucke Blog, semoga bermanfaat dan bisa memiliki peralatan audio untuk produksi audio sahabat semua.

Tinggalkan Balasan